Administrasi Sub Rekening

 

Menunjuk pada Peraturan Bapepam No. III.C.7 tentang Sub Rekening Efek Pada Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian, PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sebagai Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian telah menyediakan fasilitas Sub Rekening Efek untuk penyimpanan Efek dan atau dana masing-masing nasabah Pemegang Rekening KSEI, yaitu Perusahaan Efek dan Bank Kustodian.

TUJUAN & MANFAAT

Sub Rekening Efek membantu Pemegang Rekening dalam menyelenggarakan administrasi Efek nasabah yang disimpan di KSEI dengan mengacu kepada prinsip pemisahan pencatatan aset nasabah sesuai ketentuan peraturan yang berlaku di pasar modal. Sub Rekening Efek juga akan menjamin keterbukaan sistem pembukuan Pemegang Rekening di KSEI sehingga diharapkan dapat lebih memberikan proteksi kepada investor atas investasi yang mereka lakukan. Untuk membuka Sub Rekening Efek, tidak ada suatu ketentuan bahwa Sub Rekening Efek tersebut harus merupakan rekening yang aktif untuk melakukan transaksi, akan tetapi Sub Rekening Efek juga dapat digunakan untuk cara pengendalian bagi investor untuk memastikan bahwa Efek yang ada dalam pengelolaan Kustodiannya tidak digunakan untuk kepentingan Kustodian itu sendiri.


Keuntungan utama bagi Pemegang Rekening adalah efisiensi yang diperoleh pada saat adanya Corporate Action,  misalnya: pembagian dividen, dimana untuk keperluan tersebut Pemegang Rekening tidak perlu menyampaikan daftar nasabahnya lagi kepada KSEI. Data nasabah langsung diperoleh KSEI melalui data Sub Rekening  Efek pada tanggal pencatatan (Recording Date). Pada tanggal pembayaran dividen tersebut, KSEI akan langsung mendistribusikan dividen ke masing-masing Sub Rekening Efek yang berhak.


KERAHASIAAN (CONFIDENTIALITY)

Data serta informasi dalam Sub Rekening yang  tercatat dalam C-BEST selalu dijaga kerahasiaannya oleh KSEI. Hanya karyawan yang berwenang saja yang dapat mengakses C-BEST. Sebagai upaya pengamanan informasi tersebut, karyawan KSEI terikat berdasarkan perjanjian untuk menjaga kerahasiaan data dan informasi tersebut. KSEI akan melakukan pengamanan data dan informasi seluruh pemakai jasanya dengan standar yang tinggi untuk memenuhi ketentuan kerahasian yang diwajibkan oleh undang-undang.


Apabila pihak ketiga bermaksud untuk meminta informasi tentang Rekening Efek atau Sub Rekening Efek yang tercatat di KSEI, sesuai ketentuan Pasal 47 UU No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal maka permohonan tersebut harus mendapatkan persetujuan Bapepam terlebih dahulu.


ADMINISTRASI SUB REKENING

Terdiri dari:

  1. Pembukaan Sub Rekening Efek
  2. Penutupan Sub Rekening Efek
  3. Perubahan Data Sub Rekening Efek
  4. Pembekuan Sub Rekening Efek atau Balance Efek

Pada proses administrasi sub rekening efek yang membutuhkan permohonan secara tertulis kepada KSEI  harus  sesuai format yang ditetapkan.  Bila Pemegang Rekening ingin menggunakan Surat Instruksi Tetap Permohonan Administrasi Sub Rekening Efek, dapat menggunakan format yang ditetapkan (Lampiran Instruksi Tetap (SI). Surat Instruksi Tetap Administrasi Sub Rekening Efek hanya dikirimkan 1 (satu) kali saja dan selanjutnya pada setiap proses Administrasi Sub Rekening Efek, Pemegang Rekening cukup mengirimkan data tersebut via email ke alamat pr@ksei.co.id dengan catatan, pengiriman email dilakukan oleh alamat email yang tercantum dalam Surat Instruksi Tetap tersebut.


back to top