Press Release

KSEI SUKSES MELAKUKAN DRC LIVE TEST KE-9

Scripless Trading yang mulai diperkenalkan dan diimplementasikan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) sejak Juli 2000 dengan dukungan Central Depository - Book Entry Settlement System (C-BEST) merupakan salah satu bentuk komitmen KSEI untuk mengembangkan dan memajukan pasar modal Indonesia. Setiap tahunnya, volume penyelesaian transaksi dan nilai Efek yang disimpan KSEI terus meningkat, tercatat hingga akhir Februari 2007, jumlah nilai Efek yang disimpan sebesar Rp 782,35 Triliun.

 

C-BEST yang merupakan salah satu sistem pendukung penyelenggaraan pasar modal Indonesia tentunya juga membutuhkan pengelolaan risiko operasional yang handal untuk menjamin bahwa kelangsungan operasional dapat tetap berjalan sebagaimana mestinya dalam kondisi yang tidak diharapkan. Sesuai dengan hal tersebut serta adanya tuntutan pemakai jasa untuk dapat menggunakan C-BEST secara terus menerus dengan tingkat high availability yang tinggi, maka sejak tahun 2001 KSEI sudah menyediakan off-site Disaster Recovery Center (DRC) yang berlokasi 30 Km dari lokasi sistem utama di gedung Bursa Efek Jakarta.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, KSEI kembali melaksanakan test DRC secara live (DRC Live Test) yang bertujuan untuk memastikan bahwa sistem DRC mampu menggantikan sistem utama pada saat terjadi gangguan pada mesin utama, dan Business Contingency Plan dapat berjalan sesuai prosedur yang ditetapkan. Test DRC kali ini merupakan Live Test yang ke-9 dengan pelaksanaannya dilakukan selama 5 hari kerja dimulai dari tanggal 12 - 16 Maret 2007.

Untuk mendukung pelaksanaan DRC Live Test tersebut, tim teknis KSEI telah melaksanakan beberapa persiapan, seperti: koordinasi dengan KPEI agar sistem KPEI (e-CLEARS) dan sistem DRC pada pelaksanaan Live Test dapat berjalan lancar. Selain itu, KSEI turut menyampaikan pemberitahuan mengenai rencana DRC Live Test kepada pemakai jasa KSEI, Bank Pembayaran serta koordinasi dengan pihak terkait lainnya selaku penyedia jasa jaringan. Pemberitahuan pelaksanaan DRC Live Test kepada pemakai jasa KSEI serta pihak terkait lainnya dimaksudkan untuk memberikan informasi bahwa aktivitas operasional KSEI pada periode DRC Live Test tersebut akan dilakukan melalui sistem Backup di lokasi DRC.

Secara umum DRC Live Test ke-9 ini berjalan dengan baik dan lancar sesuai skenario yang diharapkan. Saat ini seluruh kegiatan operasional sudah kembali dilakukan melalui sistem utama C-BEST.

Berikut data statistik aktivitas DRC Live Test ke-9:

 

No.

 

Kriteria

 

Data

rata-rata mesin Utama

Data

Mesin DRC

12-16 Maret 2007

Akses & Login

1.

Jumlah terminal yang connected

263

265

2.

Jumlah Partisipan yang login

157

154

3.

Jumlah total user yang input/check/approve instruksi

420

445

Data Instruksi

4.

Jumlah total instruksi yang diproses system dan settled

18.159

16.499

5.

Jumlah total instruksi SYNC message KSEI-KPEI yang diproses sistem

10.186

8.460

6.

Jumlah instruksi/message payment bank yang diproses

768

762

Upload Data Instruksi

7.

Jumlah Upload file data instruksi

252

242

8.

Jumlah total data instruksi dari file upload

10.188

8.457


Sebagai bagian dari pengelolaan risiko operasional, KSEI akan melakukan pengetesan kesiapan sistem DRC secara berkala, dimana untuk tahun 2007 ini akan dilaksanakan minimum 3 (tiga) kali DRC Live Test.

Besar harapan kami, keberhasilan uji coba ini dapat meningkatkan kepercayaan investor dan pelaku pasar modal Indonesia.

 

Jakarta, 22 Maret 2007

 

Bagian Hukum & Komunikasi Perusahaan
Divisi Administrasi & Keuangan
PT KUSTODIAN SENTRAL EFEK INDONESIA
Telp. (021) 5299 1099 ~ Fax. (021) 5299 1199 ~ http://www.ksei.co.id